Makna Lambang

logo ilmu tenaga dalam

Bentuk Dasar Lingkaran

Lingkaran merupakan bangun datar yang tidak pernah ada ujungnya. Lingkaran memiliki jumlah rusuk dan sumbu simetri tak terhingga, tak memiliki sisi sudut dan hanya terdiri dari satu sisi saja. Lingkaran memiliki makna tak berujung, dimanapun berada akan terus bertemu. Ini pula yang diharapkan dalam Persaudaraan Parapsikologi Tenaga Dalam Internasional, bahwa tak aka nada ujung dari sebuah ilmu, tak ada ujung dalam belajar dan taka da ujung dalam persaudaraan. Persaudaraan ini akan terus terjalin sampai hari akhir nanti.

Tulisan melingkar “Persaudaraan Parapsikologi Tenaga Dalam Internasional”

Lingkaran juga merupakan bentuk dasar Bumi, dimana ini berarti bahwa Persaudaraan Parapsikologi Tenaga Dalam ini tak hanya menaungi orang-orang yang ada di dalam negeri saja, melainkan juga dari luar negeri. Seluruh dunia yang mencintai Ilmu tenaga Dalam, yang berminat belajar Ilmu Tenaga Dalam, semuanya akan menjadi saudara dalam perkumpulan ini. Melingkarnya tulisan tersebut memberikan makna bahwa “Persaudaraan Parapsikologi Tenaga Dalam Internasional” ini akan terus menaungi, membimbing dan melindungi para saudara yang bergabung di dalamnya.

Warna Dasar Ungu / Violet

Dalam dunia supranatural dan spiritual, dikenal yang namanya Aura, dimana aura terdiri dari warna-warna disertai maknanya. Warna Ungu memiliki arti spiritualis, dan ini sesuai dengan aliran tenaga dalam Asmak Malakut yang diajarkan oleh Kang Masrukhan yaitu aliran ilmu spiritual dan olah batin. Warna Ungu juga memiliki kedudukan tertinggi di dalam dunia aura karena Ungu merupakan warna Cakra Mahkota, dimana cakra ini adalah cakra pusat. Ungu berarti kekuatan, kemampuan psikis, humanis / sifat sosial serta intuisi yang tinggi.

Selain itu, di dalam ilmu scientis (Ilmu Pengetahuan Alam), bahwa ungu merupakan warna yang memiliki frekuensi paling tinggi dengan energi / kekuatan radiasi paling tinggi. Diharapkan, para saudara yang tergabung dalam PPTDI akan memiliki kekuatan yang besar dengan energi spiritual yang tinggi.

Daun Melingkar

Daun melambangkan sesuatu yang hidup, tumbuh dan berkembang. Daun yang melingkar ini menggambarkan harapan Kang Masrukhan sebagai pendiri PPTDI ini agar komunitas ini tetap tumbuh dan berkembang. Daun adalah pusat fotosintesis suatu tumbuhan, oleh karena itu PPTDI ini juga harus bisa menjadi pusat belajar Tenaga Dalam yang mampu memberikan kekuatan untuk melindungi diri dalam menghadapi kehidupan ini.

Dengan dorongan energi dari daun, sebuah pohon bisa tumbuh segar. PPTDI juga harus bisa memberikan wadah pengembangan yang tetap segar, menjaga interaksi internal maupun eksternal dengan semangat yang terus menyala. Pengabdian yang ikhlas demi kepentingan sosial di bawah naungan Keagungan dan Kekuasaan Tuhan yang menjadi sandaran pengabdian ini.

Dua Tangan Menghadap ke atas

Dua buah tangan yang mengarah ke atas ini merupakan gambaran dari Ilmu Tenaga Dalam Asmak malakut yang menggunakan kekuatan fisik (tangan) dan juga kekuatan Ilahiah (tangan menengadah ke atas berarti berdoa kepada Tuhan YME). Tak hanya dengan kekuatan fisik saja, Tenaga Dalam Asmak Malakut tetap mengandalkan kekuatan Tuhan yang tak dapat ditandingi oleh apapun, oleh siapapun. Kekuatan Ilahiah ini akan muncul jika kita rajin berdoa, berdzikir dan wirid hanya kepada Allah SWT.

Bintang Bersudut 10

Bintang adalah cahaya, seperti malaikat yang diciptakan dari nur atau cahaya. Ilmu Tenaga Dalam Asmak Malakut memiliki makna jurus Malaikat, meneladani sifat malaikat yang tak henti berdzikir kepada Allah SWT. Sudut 10 melambangkan ke-10 malaikat dengan tugasnya masing-masing yang juga akan kita teladani dalam ajaran Ilmu Tenaga Dalam Asmak Malakut ini.